Museum Musik Indonesia

Pusat Data dan Informasi Musik Indonesia
Karya-karya Iwan Fals

Karya-karya Iwan Fals

Hampir setiap orang yang mendengar lagunya sudah tentu hafal dengan warna suara musisi Indonesia yang bernama Iwan Fals. Penggemar Iwan Fals yang sudah tersebar di seluruh penjuru dan berbagai latar belakang, memang membuat lagu-lagunya selalu dilantunkan di berbagai tempat. Oleh sebab itu tidak heran jika karya-karya Iwan Fals familiar bagi masyarakat.

Meskipun usianya tidak lagi muda, Iwan Fals memiliki banyak penggemar dari kalangan muda. Tentu saja hal ini disebabkan dari karya-karyanya yang memiliki semangat juang dan semangat anak muda. Hingga saat ini Oi nama penggemar Iwan Fals sudah banyak dan sangat militan. Tidak sedikit yang selalu mengikuti konser ke berbagai daerah ketika Iiwan Fals mengadakan konser.

Profil Iwan Fals

Nama Lengkap : Virgiawan Listanto
Nama Panggung : Iwan Fals
Tempat, Tanggal Lahir : Jakarta, 3 September 1961
Nama Ayah : Kolonel Anumerta Sucipto
Nama Ibu : Lies Suudijah
Nama Istri : Rosana
Nama Anak : Galang Rambu Anarki (Alm), Annisa cikal Rambu Bassae, dan Raya Rambu Rabbani.

Karya-Karya Iwan Fals

Karya-karya Iwan Fals hampir tidak terhitung karena jumlahnya yang banyak. Album yang diluncurkan oleh Iwan Fals mencapai 40 album yang hampir semuanya memiliki keunikan masing-masing. Dalam setiap lagu yang diciptakan dan dilantunkan Iwan Fals selalu memiliki warna yang berbeda-beda. Dari tema perjuangan, kritik, hingga tema romansa semuanya ada.

Berikut merupakan karya-karya Iwan Fals dalam bentuk album yang cukup fenomenal dan mewakili pemikiran beliau.

  • Sarjana Muda

Album Sarjana muda dirilis pada tahun 1981 setelah sebelumnya telah merilis berbagai album. Album Sarjana Muda ini merupakan album professional pertama yang diluncurkan Iwan Fals bersama Musica Studio. Album ini menceritakan tentang keadaan masa itu ketika seorang sarjana muda banyak yang kesulitan untuk memperoleh pekerjaan yang terwakilkan di lagu Umar Bakri.

Dalam lagu Umar Bakri tidak hanya menceritakan tentang sarjana muda tetapi juga menceritakan tentang sesosok Umar Bakri. Umar Bakri adalah seorang guru dengan gaya lama dan harus menghadapi kehidupan di sekolah kota besar yang cukup menantang.

  • Wakil Rakyat

Album Wakil Rakyat merupakan album Iwan Fals yang dikeluarkan pada tahun 1987. Album Wakil Rakyat ini cukup kontroversial ketika diluncurkan. Pasalnya dalam album ini terdapat lagu yang berjudul ‘Suara Buat Wakil Rakyat’ yang menceritakan kebiasaan-kebiasaan buruk wakil rakyat kala itu.

Lagu yang menceritakan tentang wakil rakyat yang gemar tidur saat sidang ini diluncurkan menjelang pemilihan umum (pemilu). Tidak hanya kontroversial, lagu ini juga dianggap sebagai bentuk penghinaan terhadap pejabat.

  • Cikal

Album Cikal merupakan albu yang dikeluarkan pada tahun 1991. Pada saat itu Iwan Fals mengeluarkan album tersebut di bawah label Indo Music Box. Nama Cikal merupakan nama anak Iwan Fals yang kedua yaitu Annisa Cikal Rambu Bassae.

Lagu-lagu yang dilantunkan pada album cikal ini bukan lagu yang menggambarkan anak-anak seperti pada nama albumnya. Lagu-lagu yang terdapat pada album ini justru berupa lagu yang tergolong berat, penuh nuansa seni tingkat tinggi. Tokoh-tokoh yang mendukung album ini pun bukan sembarangan orang melainkan sesama musisi dan seniman ternama.

  • Belum Ada Judul

Judul album Iwan Fals yang cukup membingungkan yaitu ‘Belum ada Judul’ ini ternyata mendapat antusiasme yang luar biasa dari masyarakat. Meskipun judulnya membingungkan namun sebetulnya memang disengaja seperti itu supaya lebih unik. Album ini juga ternyata merupakan album terbaik Iwan Fals.

Album ini menjadi spesial dan terbaik karena dalam proses rekamannya dilakukan secara live tanpa adanya editing. Saat bernyanyi pun Iwan Fals hanya menggunakan 2 alat musik yaitu gitar dan harmonica. Menjadi lebih sederhana namun ternyata lebih istimewa.

  • Suara Hati

Album ‘Suara Hati’ diluncurkan Iwan Fals setelah sebelumnya hanya mengeluarkan album yang berupa aransemen-aransemen saja. Pada album ini para penggemarnya seperti terobati rindunya akan karya-karya Iwan Fals. Album ini diluncurkan pada tahun 2002 setelah sekian lama vakum usah anaknya Galang Rambu Anarki meninggal dunia.

Sejak album ini pun Iwan Fals seperti lahir kembali dan lebih rutin menggelar konser yang manajemen pribadi yaitu Rossana (Istrinya).

Penghargaan-Penghargaan yang pernah diterima Iwan Fals

Sebagai musisi legendaris yang karya-karyanya masih mendapat tempat di hati penggemarnya, tentu tidak sedikit penghargaan yang diperoleh Iwan Fals. Iwan Fals telah menerima puluhan penghargaan dan berikut beberapa penghargaan yang diterima Iwan Fals.

  1. Gold Record pada lagu Oemar Bakri dari Musica Studio
  2. Silver Record sebagai penyanyi dan pencipta lagu Ethiopia dari Musica Studio
  3. Konser dengan penonton terbesar sepanjang masa pada tahun 1991 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan.
  4. Penyanyi Solo Terbaik  Country atau Balada dari Anugerah Music
  5. Triple Platinum Award album In Collaboration with dengan angka penjualan melebihi 450 ribu unit https://dewapokeronline.co.
  6. Memperoleh penghargaan ‘Lifetime Achievement Awards’ The Legend Iwan Fals yang telah 40 tahun berkarya di dunia music dari NET TV .
  7. Menjadi duta desa Indonesia dari Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Prestasi yang ditorehkan oleh Iwan Fals melalui karya-karya Iwan Fals memang tidak dapat dipungkiri telah menjadikannya seperti sekarang.