Museum Musik Indonesia

Pusat Data dan Informasi Musik Indonesia
Musisi Legendaris Tanah Air Dan Kontribusinya

Musisi Legendaris Tanah Air Dan Kontribusinya

Persaingan di dunia musik internasional memang begitu sengit. Berbagai musisi dari berbagai negara berlomba-lomba untuk menunjukkan kemampuan bermusiknya. Tak ketinggalan musisi dari tanah air.

Di Indoensia, ada musisi-musisi legendaris yang patut untuk kita ketahui. Mereka bukan hanya berjasa bagi perkembangan musik tanah air, namun juga bagi dunia.

Di bawah ini akan kami sajikan daftar musisi legendaris tanah air yang berhasil melambungkan nama Indonesia di mata dunia. Yuk, simak ulasan lengkapnya.

Musisi Legendaris Tanah Air Dan Kontribusinya

Kalian pasti pernah mendengar berita-berita di media massa maupun di mdia sosial yang ramai memberitakan musisi terkenal tanah air. Ternyata, tidak hanya satu-dua saja musisi kita yang terkenal bahkan hinga tingkat Asia dan dunia.

Berikut ini daftar nama para musisi legendaris Indonesia yang berhasil :

  • Koes Plus

Para pembaca pasti pernah mengetahui nama Koes Plus di berbagai media. Atau bahkan, nama salah satu band populer tanah air ini di buku-buku kesenian.

Ya, Koes Plus merupakan salah satu musisi legendaris tanah air yang namanya begitu abadi. Koeswoyo dan teman-teman, berhasil menyita perhatian masyarakat Indoensia dengan berbagai tembangnya yang bergenre Rock ‘n Roll.

Koes Plus memiliki masa kejayaan sekaligus masa-masa sulit dalam waktu yang bersamaan. Mereka seringkali dimasukkan ke sel karena pada masa pemerintahan Soekarno memang ada larangan untuk menyanyikan lagu barat.

  • Chrisye

Siapa yang tidak mengenal musisi legendaris yang satu ini. Chrisye memiliki nama asli Christian Rahadi. Ia memiliki suara yang begitu khas dan menjadi favorit banyak orang. Berbagai lagunya juga memiliki makna yang cukup dalam, sehingga banyak dielu-elukan orang.

Chrisye mngawali perjalanan karirnya di dunia musik tanah air dengan menjadi pemain bas dalam band Gipsy. Setelah itu, ia mulai memijakkan kaki sebagai seorang solois dan memproduksi lagunya sendiri.

Ia sudah lebih dari 20 tahun berkiprah menjadi musisi. Tak jarang Chrisye mendapatkan penghargaan atas karya-karyanya. Bahkan ia dinobatkan sebagai musisi terbaik Indoensia ketiga sepanjang masa, menurut majalah Rolling Stone.

  • Benyamin S

Benyamin S atau Benyamin Sueb berasal dari suku Betawi, dan dinobatkan pula sebagai musisi Indonesia terbaik. Ia merupakan seorang pria dengan multitalent. Ia tak hanya pintar bernyanyi, namun juga bisa bermain peran sehingga tak jarang wajahnya menghiasi berbagai film tanah air.

Benyamin S seringkali kita kenal sebagai peran Si Doel Anak Betawi dan Biang Kerok. Hingga kini pun Benyamin masih melanjutkan karirnya di bidang entertainment sambil menjalankan bisnisnya yang lain.

  • Iwan Fals

Berbicara mengenai musisi legendaris Indonesia, pasti musisi yang satu ini tidak boleh terlewat. Iwan Fals adalah musisi yang cukup dihormati bahkan hingga tingkat Asia. Lagu-lagu yang dibuat oleh Iwan Fals begitu menyentuh dan sering menyinggung isu-isu sosial.

Berbagai lagunya sangat dikenal seperti Ethiopia, Wakil Rakyat, dan lain sebagainya. Musisi yang satu ini masih saja dikenal karyanya hingga kini.

  • Slank

Band asli Indonesia yang bernama Slank juga tidak kalah dengan beberapa musisi lainnya. Slank dipimpin oleh Bimo Setiawan Almachzumi. Perjalanan karir dari anggota Slank begitu panjang di kancah musik Indoensia. Dan hingga kini, nama Slank pun masih melekat di benak para penggemarnya ace99.

Nah, itu tadi beberapa musisi Indonesia yang legendaris. Manakah yang menjadi favorit anda?