Museum Musik Indonesia

Pusat Data dan Informasi Musik Indonesia
Ini Dia 4 Musisi Indonesia Yang Mengusung Lagu Dengan Unsur Politik, Social Dan Lingkungan

Ini Dia 4 Musisi Indonesia Yang Mengusung Lagu Dengan Unsur Politik, Social Dan Lingkungan

Tidak dipungkiri lagi bahwasannya untuk membuat sebuah musik, seseorang selalu memiliki inspirasi yang nantinya akan dituangkan dalam bentuk lirik yang dikombinasikan dengan melodi indah. Hingga detik ini, sudah banyak musisi terkenal Indonesia yang telah memperkenalkan hasil karya mereka melalui sebuah lagu dengan mengusung berbagai tema. Namun demikian, banyak dari mereka yang mengusung tema percintaan hingga kemudian lagu ini digandrungi oleh anak muda Indonesia.

Dibalik maraknya para musisi terkenal Indonesia yang mengusung tema percintaan dalam sebuah lagu, ternyata ada beberapa musisi yang kemudian mencoba untuk tampil berbeda dengan mengusung tema politik, social hingga lingkungan. 

Sama halnya dengan tema percintaan yang diterima di masyarakat, lagu dengan tema sosial, politik dan lingkungan tersebut juga banyak mendapatkan apresiasi dari masyarakat luas. Bahkan tidak jarang banyak masyarakat yang kemudian memberikan pro dan kontra di kalangan masyarakat.

Musisi Indonesia dengan lagu social, politik dan lingkunganĀ 

Keberagaman tema musik yang diusung oleh kalangan musisi terkenal Indonesia menjadi pertanda atas kebebasan setiap orang untuk mengekspresikan pikiran dalam bentuk lagu. Tidak terkecuali para musisi Indonesia yang berusaha mengkritisi politik, sosial dan lingkungan. Tentu saja hal ini menjadi daya tarik tersendiri dan memberikan angin segar pada blantika musik Indonesia. 

Lebih lanjut, berikut beberapa musisi terkenal Indonesia yang kemudian mengusung lagu dengan tema sosial, politik dan lingkungan.

  1. Superman is deadĀ 
    Salah satu musisi terkenal Indonesia yang telah menciptakan lagu dengan menyindir berbagai permasalahan sosial dan juga politik di Indonesia adalah band rock superman is dead. Sebuah band yang dipunggawai oleh Jrx (drum), Bobby (guitar) dan Eka (bass) ini juga dikenal sebagai grup band yang sangat peduli dengan berbagai isu lingkungan hidup. Beberapa lagu yang sangat fenomenal adalah Angels and Outsiders dan Black Market yang isinya mengkritik kondisi politik dan sosial Indonesia
  2. Iwan Fals
    Selain Superman Is Dead, ada lagi musisi terkenal Indonesia lain yang sangat fenomenal dan terkenal sebagai sosok yang sering memberikan tanggapan kritis terhadap permasalahan ekonomi serta sosial di Indonesia. Dikenal dengan sebutan Iwan Fals, sosok musisi ini pernah dikabarkan memiliki urusan dengan pihak pemerintah Indonesia pada tahun 1984. Hal ini tidak lain disebabkan oleh adanya pencekalan atas lagunya yang kemudian dikenal dengan judulnya yaitu Mbak Tini.
  3. Slank
    Sebuah band dengan aliran rock yang kemudian dikenal dengan nama Slank ini dibentuk pada tahun 1983. Dalam perjalanannya untuk menciptakan sebuah lagu, group band ini juga mengusung tema percintaan yang kemudian juga sempat mengkritisi berbagai permasalahan sosial dan juga politik. Hal ini tertuang dalam setiap liriknya dan kemudian tertuang dalam sebuah album yang bertajuk Mata Hati Reformasi. Lagu yang diciptakan oleh musisi terkenal Indonesia ini juga sempat terkenal pada masa reformasi.
  4. Band Efek Rumah Kaca
    Dibentuk pada tahun 2001, sebuah band yang kemudian dikenal dengan sebutan Efek Rumah Kaca ini telah berhasil dalam menciptakan berbagai lagu yang mengusung tema lingkungan. Beberapa judul lagu yang sempat viral adalah Lagu Jalang, Di Udara hingga Debu-Debu Berterbangan. Disebutkan bahwa lagu tersebut dibuat oleh sekelompok musisi terkenal Indonesia yang terdiri dari Cholil Mahmud (vokalis), Akbar Bagus (drummer), Adrian Yunan (vokalis) dan Poppie Airil (bassist).

Munculnya berbagai musisi terkenal Indonesia yang berkreasi dalam bidang musik dan mengusung tema seperti social, politik dan lingkungan hidup menjadi warna tersendiri pada blantika musik Indonesia. Meskipun beberapa lagu ternyata sempat menimbulkan pro dan kontra, namun permasalahan tersebut masih bisa diredam hingga kemudian menjadi keuntungan tersendiri bagi para musisi terkenal Indonesia tersebut untuk terus berkarya.